Melakukan sinkronisasi waktu dan mengatur zona waktu di sistem Linux

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi waktu dan mengatur zona waktu di sistem Linux menggunakan perintah-perintah yang tepat:

  1. Instalasi ntpdate: Pertama, kita akan menginstal paket ntpdate menggunakan perintah berikut:

    sudo apt install ntpdate -y

    Perintah ini akan menginstal utilitas ntpdate yang digunakan untuk menyesuaikan waktu sistem dengan server NTP (Network Time Protocol).

  2. Sinkronisasi Waktu dengan Server NTP: Setelah ntpdate terinstal, kita akan menjalankan perintah ntpdate untuk melakukan sinkronisasi waktu dengan server NTP. Gantilah asia.pool.ntp.org dengan server NTP yang tepat sesuai dengan lokasi geografis Anda atau preferensi Anda:

    sudo ntpdate asia.pool.ntp.org

    Perintah ini akan menghubungi server NTP yang ditentukan dan menyesuaikan waktu sistem dengan waktu yang diberikan oleh server tersebut.

  3. Penyesuaian Zona Waktu: Terakhir, kita akan mengatur zona waktu sistem menggunakan perintah timedatectl set-timezone. Gantilah Asia/Jakarta dengan zona waktu yang sesuai dengan lokasi Anda:

    sudo timedatectl set-timezone Asia/Jakarta

    Perintah ini akan mengubah zona waktu sistem menjadi Asia/Jakarta, yang merupakan zona waktu yang tepat untuk wilayah Jakarta, Indonesia.

Catatan Penting:

  • Pastikan sistem kita terhubung ke internet agar dapat terhubung ke server NTP dan melakukan sinkronisasi waktu dengan benar.
  • Pengaturan zona waktu harus disesuaikan dengan lokasi geografis yang tepat untuk memastikan waktu sistem ditampilkan dengan benar.

Dengan langkah-langkah ini, kita dapat secara efektif mengatur dan menyinkronkan waktu sistem Linux serta menyesuaikan zona waktu sesuai dengan lokasi kita. Pastikan untuk menjalankan perintah-perintah ini dengan hak superuser (sudo) jika diperlukan untuk izin yang diperlukan.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Melakukan sinkronisasi waktu dan mengatur zona waktu di sistem Linux"

Post a Comment

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

ads_cod up article

ads_cod center article 1

ads_cod center article 2

ads_cod botm article