Kenali Lebih Dekat Produk Layanan Google Cloud Platform (GCP)

GCP atau istilahnya Google Cloud Platform adalah layanan komputer berbasis cloud dari perusahaan raksaasa google inc. Layanan cloud bisa di katakan infrastruktur yang tidak jauh berbeda dengan sama dengan digunakan oleh Google untuk berbagai produk internal seperti YouTube dan Gmail. Pada dasarnya, layanan GCP ini menyediakan serangkaian layanan cloud modular termasuk komputasi dan penyimpanan. Tidak hanya itu,untuk analisis data software enggine serta mechine learning yang disematkan pada platform ini. Sementara untuk menggunakannya, kita memerlukan kartu kredit atau mungkin rekening bank sehingga kita dapat menyewa sesuai kebutuhan baik resource dan waktu yang dibutuhkan. Anggaplah kita / perusahaan menjadi pelanggan akan resource platform cloud yang di sediakan oleh google.

Zaman semakin maju dan kondisinya ditunjukkan oleh pengembangan teknologi yang serba canggih. Beberapa fasilitas tersedia untuk pengguna internet sehingga semua pekerjaan bisa lebih mudah. Terlebih lagi semua pekerjaan di tuntut terkait dengan komputasi dan penggunaan media menggunakan jaringan terutama internet. Tentu saja, kita sekarang dapat memperoleh layanan terbaik dari Google, beberapa orang dan perusahaanpun sudah mulai melirik kemanfaatan akses digital dari segala penjuru dunia, termasuk memanfaatkan beberapa produk dari GCP. Ada beberapa fasilitas platform ini yang tersedia dan dapat kita nikmati, seperti layanan infrastruktur dan layanan platform dan lingkungan komputer walaupun tanpa server sekalupun.

Google Cloud Platform (GCP)
Google Cloud Platform (GCP) 

Tidak hanya itu saja masih ada banyak infrastruktur yang tersedia di platform cloud GPC, tentu saja, masing-masing memiliki filtur dan penggunaannya sendiri. Karena pada dasarnya cloud adalah sistem komputasi yang dapat digunakan untuk menyimpan dan memproses data. Alhasil dengan cloud semuanya berurusan dengan data dan komputasi menjadikan pekerjaan lebih cepat dan menggunakan resource yang mumpuni terkait komputasi data..

Kelebihan Google Cloud Platform(GPC)

Keamanan Sebuah Data

Dengan layanan Google dalam bentuk platform cloud ini, data kita dapat dipastikan memperoleh keamanana yang terbaik. Tanpa mengurangi rasa takut dan khawatir tentang data kita karena cloud telah menggunakan beberapa server untuk penyimpanan denngan enkripsi data yang tidak semua orang memperoleh hak akses, sehingga data kita disimpan dengan aman di pusat data. Selain itu, privasi data juga akan lebih aman. Selain fakta bahwa data tidak akan hilang atau terhapus. Karena pusat data yang datang dalam penyimpanan berlapis sistem beckupnya.

Skabilitas yang mumpuni

Kapasitas data yang harus disimpan dapat disesuaikan dengan skala kebutuhan kita. Cloud dirancang untuk dapat menyimpan data dengan ukuran kapasitas yang besar. Tetapi kita masih dapat menggunakan layanan Google ini untuk menyimpan data dengan ukuran yang tidak terlalu besar karena platform ini memiliki skalabilitas yang dapat dikatakan cukup tinggi. Oleh karena itu, jika kita memerlukan kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar, maka kita tetap dapat menggunakannya. Di masa depan, jika data meningkat lebih dan mulai memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kita masih dapat menggunakan layanan platform ini. Sistem ini memberikan penyesuaian pada kebutuhan ruang data dengan mode sifatnya dinamis.

Kemudahan Hal Akses

Menggunakan teknologi internet untuk melakukan akses data maupun informasi sebenarnya sudah menjadi kebutuhan pelanggan perusaahan maupun pelaku usaha dalam sebuah perusahaan. Melalui teknologi internet ini, kita dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja. Seiring dengan platform yang dapat membantu memfasilitasi pekerjaan kita. Pada dasarnya, cloud menyediakan sistem layanan yang lebih cepat tanpa diblokir oleh apa pun. layanan ini juga diterapkan oleh pelaku usaha di perusahaan, tentu saja dengan sistem ini, kita dapat mengakses apa pun. Dari memantau keberadaan karyawan perusahaan dan hal-hal lain sesuai dengan hak aksesnya.

Lebih Efisien

Penggunaan platform dari semua produk google memberikan manfaat dalam bentuk efisiensi. Tentu saja, penggunaan teknologi cloud dapat menyebabkan biaya beban lebih murah. Tidak hanya itu, tetapi pengguna platform juga dapat memperluas bisnis dengan lebih mudah. Bahkan, bisnis kita akan bertemu dengan lebih banyak pesaing, tetapi ketika menjawab ini, tentu saja, kita tidak perlu khawatir dan takut. Dalam sebuah bisnispun tetap ada sebuah persaingan.

Yok kita intip apa saja layanan dari google cloud, banyak kok jenisnya silahkan bisa masuk ke link situs GPC untuk lebih detail

Layanan Google Cloud Platform

1. Compute Engine

Mesin Virtual berjalan di Pusat Data Google Mesin komputasi adalah salah satu layanan GCP atau layanan platform layanan Google Cloud. Mesin yang dihitung ini adalah mesin virtual atau vm yang berjalan di pusat data Google. Dengan mesin komputasi Google, kita dapat menjalankan aplikasi, perangkat lunak atau bentuk lain dari transformasi digital, dengan cepat, dengan mesin virtual berkinerja tinggi. Mesin virtual ini juga tersedia di beberapa pilchan, seperlunya.

Ada mesin untuk keperluan umum (E2, N1, N2, N2D), yang memberikan keseimbangan yang baik antara harga dan kinerja. Ada mesin yang dioptimalkan untuk komputasi (C2), yang menawarkan kinerja VCPU kelas tinggi, untuk beban kerja komputasi intensif. Ada mesin yang dioptimalkan memori (M2), memberikan memori yang lebih tinggi dan baik sebagai database memori. Ada mesin yang merupakan akselerator yang dioptimalkan, berdasarkan A100 GPU, untuk aplikasi yang sangat menuntut.

Layanan motor komputasi GCP ini menyediakan banyak keuntungan. Keuntungan atau keunggulan, yaitu dengan mudah diintegrasikan dengan layanan Google Cloud lainnya, seperti Intelijen Buatan artificial intelligence (AI) atau mempelajari mesin Mesin learning(ML) dan analisis data. Nilai tambah lainnya adalah memberikan nilai lebih karena ada harga khusus dari layanan Google Cloud. Selain itu, kita dapat skalar secara global, sesuai dengan kebutuhan.

2. App Enggine

Platform aplikasi tanpa server. Istilahnya pengelolaan “zero server” dan nol konfigurasi. Develop akan lebih fokus dalam hal pembangunan aplikasi-aplikasinyatanpa biaya pengelolaan. App Engine akan lebih mempermudah pengembang aplikasi untuk mengedepankan sisi produktif dalam membangun aplikasinya.

3. Google Kubernetes Engine

Lingkungan terkelola untuk menjalankan aplikasi dalam container. Mesin Google Kubernetes juga merupakan salah satu layanan platform Google Cloud. Intinya untuk membangun lingkungan yang disebut Kubernetes dalam kasus ini. Lingkungan ini digunakan untuk mengeksekusi aplikasi yang dikendalikan. Melalui mesin Google Kubernetes, aplikasi pengembangan menjadi lebih cepat dan lebih aman. Keuntungan lain harus digunakan untuk mengatur infrastruktur, dengan memonitor cluster dan perhitungan, jaringan, juga penyimpanan sumber daya, melalui insinyur kekitalan dari situs Google (SRE). Keuntungan lain dari layanan GCP, mesin Google Kubertnet dapat dilakukan penyederhanaan, sesuai dengan channel yang dipilihnya.

4. Cloud SQL

Layanan database relasional untuk MySQL, PostgreSQL, dan SQL Server. SQL Cloud Service adalah produk dari platform Google Cloud. Cloud SQL secara otomatis menjamin bahwa basis data kita dapat bekerja sepenuhnya. Salah satunya secara otomatis dapat diskalakan setelah volume data. Cloud SQL juga membuat reservasi diperlukan. Dengan ini, biaya pemeliharaan basis data relasional akan berkurang karena pemeliharaan dan pemeliharaan otomatis awan. Bisnis kita juga dapat melaksanakan sepanjang hari dengan baik dan aman. Layanan Cloud SQL juga mudah diintegrasikan dengan produk lain, seperti motor besar dan komputasi.

5. Cloud Storage

Penyimpanan objek yang aman, tahan lama, dan dapat diskalakan. Kelas penyimpanan untuk beban kerja apa pun Hemat biaya tanpa mengorbankan kinerja dengan menyimpan data di berbagai kelas penyimpanan. kita dapat memulai dengan kelas yang sesuai dengan penggunaan kita saat ini, kemudian mengkonfigurasi ulang untuk penghematan biaya. Penyimpanan Stkitar: Cocok untuk data "panas" yang sering diakses, termasuk situs web, streaming video, dan aplikasi seluler. Nearline Storage: Biaya rendah. Baik untuk data yang dapat disimpan setidaknya selama 30 hari, termasuk backup data dan konten multimedia longtail. Coldline Storage: Biaya sangat rendah. Baik untuk data yang dapat disimpan setidaknya selama 90 hari, termasuk pemulihan bencana. Penyimpanan Arsip: Biaya terendah. Baik untuk data yang dapat disimpan setidaknya selama 365 hari, termasuk arsip peraturan.

6. BigQuery

Layanan ini sebenarnya sangat cocok untuk digunakan sebagai peralatan untuk menganalisis data semi-terpisah besar. Setidaknya, data dapat diukur dari terabytes ke petabytes. Jenis ini tampaknya banyak digunakan di berbagai perusahaan besar sehingga dapat digunakan untuk membantu wirausahawan menganalisis semua transaksi perusahaan. Dengan kata lain, layanan ini dapat digunakan pada perusahaan skala besar. Penggunaannya sangat cepat dan sangat berguna. Bahkan prosesnya bisa bekerja hanya dalam hitungan detik.

7. Dataflow

Analisis streaming untuk streaming dan pemrosesan batch. Aliran data memungkinkan pemrosesan data transmisi terintegrasi yang dikelola sepenuhnya. Dibuat tanpa server, yang membuat proses lebih cepat, dan juga dihitung lebih menguntungkan. Proses cepat ini juga disertakan saat mentransmisikan analisis data. Seperti layanan Google Cloud lainnya, DataFlow juga menyediakan manfaat skalabilitas otomatis.

8. Cloud CDN

Jaringan pengiriman konten untuk mengirimkan situs web maupun aplikasi yang belmum terjangkau Google Cloud Storage dan Google Compute Engine. Untuk kasus misal Cloud CDN bekerja dengan load balancing HTTP (S) untuk mengirimkan konten ke pengguna kita. Penyeimbang beban HTTP (S) menyediakan alamat IP dan port frontend yang menerima permintaan dan ujung belakang yang merespons permintaan tersebut. kita juga dapat mengonfigurasi Cloud CDN untuk digunakan dengan load balancing dan GKE.

9. Cloud Functions

Platform komputasi yang digerakkan oleh peristiwa untuk layanan dan aplikasi cloud.Fungsi Google Cloud adalah fungsi: AS-A-Service (FAAS). Dengan ini, kita dapat menjalankan kode di cloud dan tanpa perlu mengelola server. Penggunaan cloud ini juga dapat diukur, sehingga secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan kita. Penggunaan fungsi cloud akan lebih mudah bagi pengembang. Karena, seperti yang disebutkan di atas, pengembang hanyalah kode. Kemudian, Google Cloud akan menangani infrastruktur operasional.

10. Cloud Run

Dengan Cloud Run aplikasi dapat dikembangkan atau diimplementasikan dalam wadah dan dapat menampilkan. Aplikasi ini juga pada platform yang sepenuhnya dikelola dan tanpa server. Pengembangan dan penyebaran dengan Cloud Run menjadi lebih sederhana dan cepat.Pelanggan baru mendapatkan kredit gratis senilai $ 300 untuk dibelanjakan di Google Cloud selama 90 hari pertama. Semua pelanggan Google Cloud mendapatkan 2 juta permintaan per bulan, sepenuhnya gratis.

Produck Layanan Google Cloud Platform (GCP)
Produck Layanan Google Cloud Platform (GCP) 

11. Cloud SDK

Saat membuat skrip dengan Cloud SDK, kita dapat menjalankan perintah alat baris perintah gcloud menggunakan skrip atau otomatisasi lainnya — misalnya, saat menggunakan Jenkins untuk mendorong otomatisasi tugas Google Cloud. Selain itu, alat baris perintah gcloud hadir dengan kemampuan untuk memfilter dan memformat keluaran perintah untuk menyusun dan mengekstrak informasi dengan mudah serta menggabungkan beberapa perintah untuk mengelola sumber daya Google Cloud kita secara non-interaktif.

12. Anthos

Platform untuk memodernisasi aplikasi yang sudah ada dan membuat yang baru. Anthos adalah platform aplikasi terkelola yang memperluas layanan Google Cloud dan praktik teknik ke lingkungan kita sehingga kita dapat memodernisasi aplikasi lebih cepat dan membangun konsistensi operasional di seluruh aplikasi.

13. Operations

Pemantauan, pencatatan, dan rangkaian kinerja aplikasi. Operasi adalah salah satu bagian yang ditawarkan dari produk platform Google Cloud. Sebelumnya, operasi tersebut dikenal sebagai Stackdriver. Operasi cloud yang digunakan untuk memonitor, memecahkan masalah, kemudian meningkatkan kinerja aplikasi di lingkungan Google Cloud. Operasi dapat digunakan untuk mengumpulkan metrik, daftar catatan, juga penggunaan sejarah di sekitar Google Cloud dan aplikasinya. Berdasarkan hasil monitor, operasi juga dapat melakukan konsultasi tertentu sesuai kebutuhan dan melakukan analisis. Selain itu, kita juga dapat mengatur pemberitahuan terkait dengan hasil pemantauan secara real time.

Kesimpulan

Platform Google Cloud tampaknya memiliki banyak manfaat bagi startup digital maupun perusahaan atau bahkan perorangan pelaku usaha. Misal saja ketika kita ingin mengelola keuangan perusahaan akan jauh lebih efektif. saya menyarankan untuk menggunakan produk yang sesuai, seperti berkolaborasi dengan google cloud. Dengan begitu perusahaan dapat melihat dan secara akurat mengawasi pendapatan dan pengeluaran keuangan perusahaan. Selain itu, itu juga dapat membantu penggantian cepat dan proses persetujuan kapan saja dan di mana saja. Bahkan mampu menghindari risiko penipuan atau penipuan dalam keuangan perusahaan.

Dilain sisi Layanan Google Cloud Platform umumnya digunakan secara luas oleh startup dan pendiri dan wirausahawan untuk meningkatkan bisnis yang sedang dibangun dan mencapai skala global. Saat menggunakan platform Google Cloud, awal ini dibangun dan dikembangkan untuk meningkatkan peningkatan dalam pencapaian tujuan pasar dan bisnis.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kenali Lebih Dekat Produk Layanan Google Cloud Platform (GCP) "

Post a Comment

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

ads_cod up article

ads_cod center article 1

ads_cod center article 2

ads_cod botm article