Increase Disk Di Layanan Upcloud VPS

Sebelum mengubah ukuran perangkat disk, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Meskipun meningkatkan ukuran disk aman dilakukan pada perangkat yang ada, dan bahkan dapat dilakukan saat perangkat terhubung ke server. Namun perlu di perhatikan apabila ingin mengurangi ukuran disk tidak semudah itu. Bayangkan terlalu banyak menciutkan disk dan secara tidak sengaja menghapus sebagian data kamu. Petunjuk pengubahan ukuran disk dalam panduan ini akan membantu kamu melakukan operasi ini dengan aman.

Increase Disk Di Layanan Upcloud VPS
Increase Disk Di Layanan Upcloud VPS

Meningkatkan ukuran disk

Meningkatkan ukuran disk adalah operasi dua fase. Pertama, kamu perlu memesan ruang disk tambahan dengan memperluas perangkat disk kamu saat ini di Panel Kontrol UpCloud. Kemudian, jalankan beberapa perintah di tingkat sistem operasi untuk memungkinkan server cloud kamu memanfaatkan ruang disk tambahan.

Cadangkan Terlebih dahulu

Sangat menyarankan untuk membuat cadangan server kamu sebelum mengubah ukuran disk. sangat disarankan lakukan cloning

Naikan Kapasitas Disk di Control Panel UPcloud

Mulailah dengan meningkatkan ukuran disk di Control Panel UpCloud. kamu harus mematikan server cloud kamu sebelum kamu dapat mengubah konfigurasi disk.

Saat server kamu dimatikan, buka pengaturan server kamu dan buka tab Ubah Ukuran. Di daftar Sumber daya disk, sesuaikan ukuran perangkat disk dengan menggunakan penggeser atau dengan memasukkan nilai yang diinginkan di bidang teks di sebelah kanan.

Increase disk di Upcloud

Setelah itu,cukup klik tombol Simpan perubahan untuk mengonfirmasi perubahan.

Setelah ukuran disk berhasil ditingkatkan, kapasitas baru akan muncul di informasi perangkat. Kapasitas menunjukkan ruang disk yang dialokasikan untuk perangkat. Selanjutnya, boot server cloud kamu lagi dan lanjutkan untuk melakukan operasi yang diperlukan di tingkat OS untuk Linux di bagian berikut.

Periksa Disk

Periksa nama disk dan partisi kamu dengan perintah di bawah ini.


lsblk


Setelah di tekan enter maka:

NAME MAJ:MIN RM SIZE RO TYPE MOUNTPOINT
vda 253:0 0 50G 0 disk
+-vda1 253:1 0 25G 0 part /


Biasanya kamu akan mengubah ukuran disk utama, yang biasanya disebut vda. Disk sekunder apa pun akan memiliki nama pengembang yang berbeda seperti vdb, atau vdc. kamu akan melihat bahwa hanya ukuran disk yang menunjukkan seluruh ruang disk yang kamu atur di panel kontrol, seperti 50 GB pada contoh keluaran di atas. Ikuti terus sisa bagian ini untuk memperluas partisi untuk menggunakan seluruh ruang disk.

Sebelum membuat perubahan apa pun, kamu harus menyimpan tabel partisi saat ini dengan menggunakan perintah berikutnya. Perhatikan bahwa kamu perlu mengganti <disk> dalam contoh dengan nama disk yang kamu ubah ukurannya seperti yang ditunjukkan pada output dari perintah sebelumnya, misalnya vda.


sudo sfdisk -d /dev/<disk> > ~/part_table_backup.txt

Setelah membuat cadangan tabel partisi, kamu perlu mempartisi ulang disk. Periksa informasi dari partisi saat ini.

sudo sfdisk -uS -d /dev/<disk>

Cari sektor awal (mungkin 2048) dan ID partisi (mungkin 83) di partisi pertama. Kemudian gunakan nilai-nilai tersebut dalam perintah berikut sebagai ganti angka yang dicetak tebal. Perhatikan bahwa nilai-nilai ini bukanlah konstanta, dan mungkin berbeda dalam kasus kamu. Lihat keluaran dari perintah di atas untuk nilai sistem kamu yang benar.

sudo echo "2048,,83,-" | sudo sfdisk --force -uS /dev/<disk>

Restart

Setelah itu, reboot server kamu sebelum melanjutkan.

sudo reboot

Kesimpulan

melalui perintah diatas seharusnya disk sudah terize sesuai dengan disk maksimal yang di set di control upcloud atau Disk sdh menggunakan semua ruang yang dialokasikan di panel kontrol. Langkah terakhir kamu dapat memverifikasi ini dengan memeriksa ukuran disk dengan perintah di bawah ini.

df -h

Maka tampilanya


Filesystem Size Used Avail Use% Mounted on
/dev/vda1 50G 2.1G 46G 6% /

Terimakasih semoga bermanfaat bagi administrator linux yang menggunakan layanan upclou, Terimakasih juga atas permasalahan dari Perusaan ****** *** yang sudah mempercayai atas setingan dari saya melalui remote.

Bagi membutuhkan jasa instalasi server berbasis VPS silahkan mampir terimakasih.green.web.id

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Increase Disk Di Layanan Upcloud VPS"

Post a Comment

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

ads_cod up article

ads_cod center article 1

ads_cod center article 2

ads_cod botm article